Mahasiswa Wajib Tahu! Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Lancar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Masih banyak mahasiswa yang beranggapan bahwa fokus belajar selama kuliah sangatlah penting. Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa bekerja atau mengikuti kegiatan non-akademik akan menambah pengalaman berharga yang berguna setelah lulus. Tentu saja tidak ada salahnya apabila mahasiswa mencoba kuliah sambil kerja, karena banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran penting.

Misalnya, saja soal manajemen waktu di mana mahasiswa harus membagi waktu antara waktu belajar dan waktu bekerja. Hal itu tidak mudah mengingat tugas-tugas perkuliahan juga sering menumpuk dan datang secara bersamaan.

Dari kesibukan waktu tersebut, mahasiswa juga bisa belajar untuk memiliki komitmen terhadap risiko yang akan dihadapi. Tak jarang, banyak dari mereka yang akhirnya kehilangan fokus dan bingung antara memilih kuliah saja atau terus bekerja.

Baca juga: Tips Membangun Karier Mahasiswa Akuntansi

Agar bisa mengatasi hal yang mungkin terjadi saat melakukan kuliah sambil bekerja, mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal.

1. Fokus dan sungguh-sungguh
Sejak awal mahasiswa harus memiliki pemikiran bahwa kuliah sambil kerja bukan hal yang mudah namun tetap bisa diatasi. Dengan begitu, ia akan menghadapi kenyataan dengan sungguh-sungguh.

Kemudian, pahami kondisi perkuliahan dan dunia pekerjaan. Hal itu berguna agar kamu tidak mencampurkan keduanya. Caranya, ketika sedang kuliah maka hindari berpikir tentang kerjaan. Begitupun sebaliknya, ketika bekerja hindari pikiran tentang kuliah. Hal itu benar-benar harus dilakukan agar pikiran fokus dan tidak gampang merasa lelah.

2. Atur Skala Prioritas
Ketika memutuskan kuliah sambil kerja, tentu kamu bisa memahami kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Kamu bisa membuat daftar prioritas dari kegiatan-kegiatan tersebut. Caranya, baik urusan kuliah ataupun urusan pekerjaan, kerjakan dari hal yang paling penting dan mendesak. Usahakan tetap patuh terhadap daftar yang kamu buat agar semua kegiatan bisa diselesaikan dengan lancar.

3. Pahami Jam Kerja
Ketika ingin bekerja, pastikan jam pekerjaan yang kamu ambil tidak berbarengan dengan jam kuliah. Jika hal ini terjadi, bisa dipastikan bahwa kuliah maupun pekerjaan tidak akan bisa maksimal dikerjakan. Jadi, pilih lah pekerjaan yang tidak mengganggu jam kuliah. Dengan begitu, kamu akan belajar menjadi orang yang bertanggung jawab.

4. Perhatikan Jenis Pekerjaan
Selain jam kerja, kamu juga harus memperhatikan bidang pekerjaan yang dipilih. Ketika kamu memilih pekerjaan yang terlalu berat, maka kamu harus membuat jadwal istirahat selepas bekerja agar tubuh tetap terjaga. Hal ini sangat penting karena untuk kuliah maupun kerja, yang terpenting adalah kondisi fisik dan pikiran yang sehat.

5. Terbuka dengan Tempat Kerja
Hal terpenting agar kamu bisa kuliah sambil kerja dengan lancar adalah membicarakan jadwal kuliah kamu dengan atasan tempat kamu bekerja. Dengan begitu, tempat kerja akan memahami kondisi kamu sebagai seorang mahasiswa. Ketika bekerja sambil kuliah, pastikan perusahaan mengetahui hal tersebut.

Sebab, jika kamu harus mengikuti UTS, UAS, maupun berbagai bimbingan dan sidang skripsi, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk memberi dispensasi. Semoga kamu tidak perlu cuti atau malah bolos yang akhirnya membuat gaji terpotong, jika sejak awal telah membuat kesepakatan dengan perusahaan.

Baca juga : Tasyakuran Wisuda Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMUS

6. Pertahankan nilai kuliah
Meski sembari bekerja, pastikan nilai kamu di kampus tidak bermasalah. Ikuti semua kuis dan kumpulkan setiap tugas dari dosen. Jangan sampai terlambat mengumpulkan, maupun terlambat mengikuti ujian. Sebab, jika nilai kamu bermasalah, maka kuliah kamu bisa molor. Akibatnya, semakin lama lulus, bukan? Jika kamu tidak kunjung lulus, biaya buat kuliah juga bakal membengkak.

7. Jaga performa di kantor
Tanggung jawab kamu sebagai pekerja dan mahasiswa pasti berlipat. Namun, jangan sampai hal ini mengganggu kinerja dan kesehatan kamu, ya. Selesaikan setiap pekerjaan dari kantor dengan baik. Sebisa mungkin, jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah.

8.  Ambil istirahat bila benar-benar membutuhkan
Saat kuliah sambil kerja kamu pasti berusaha menggunakan setiap waktu dengan seefisien mungkin. Meski begitu ada saat-saat ketika menyeimbangkan kuliah dan kerja membuatmu merasa stres. Ketika kamu menghadapi hal ini, tidak ada salahnya luangkan waktu untuk beristirahat. Kamu bisa mengambil cuti dari kantor dan menggunakannya untuk berolahraga atau beristirahat. Gunakan waktu itu untuk mengembalikan kesegaran dan fokus sebagai bekal melanjutkan kuliah dan kerja di saat bersamaan.

Artikel Lainnya

Hak Cipta Feboulus Tim 2023. All right reserve. Pemutakhiran terakhir Januari 2023