Tips Membangun Karier Mahasiswa Akuntansi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Meski peluang bekerja terbuka lebar tak menjamin proses mencari pekerjaan menjadi hal yang mudah. Para mahasiswa dan lulusan baru atau fresh graduate sangat perlu melakukan perencanaan karier dengan matang sedini mungkin.

Mahasiswa sebaiknya mempersiapkan perencanaan kariernya idealnya dilakukan pada saat memasuki semester 4, karena di masa ini mahasiswa sudah mendapatkan materi dasar dan memasuki materi tingkat lanjut yang perlu dikembangkan di luar kampus.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan bagi mahasiswa lulusan akuntansi yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Skil yang Harus Dikuasai
Ada beberapa skil yang harus dikuasai oleh mahasiswa akuntansi yaitu knowledge of your field, general knowledge, computers, analytics & problem solving, critical thinking, interpersonal skills, public speaking, working cooperatively, leadership, writing, getting along wth dissimilar people, mathematics, cultural and racial knowledge, reading, dan foreign languages.

2. Bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP)
Setelah lulus, mahasiswa calon akuntan dapat bekerja di KAP. Dengan bekerja di KAP akan sangat membantu dan memberikan nilai tambah untuk karier di masa depan.

3. Membangun Koneksi
Networking adalah hal yang harus dikuasai oleh semua mahasiswa tidak hanya mahasiswa akuntansi saja. Membangun networking bisa dimana dan kapan saja. Misalnya mulai mencari info lowongan pekerjaan melalui Linkedin. Linkedin merupakan jejaring sosial bagi pencari kerja, yang sudah bekerja, dan perusahaan yang membutuhkan pekerjaan.

4. Mengasah Kemampuan Hard dan Soft Skill
Kemampuan hard skill yang dibutuhkan sebagai calon akuntan, yakni memiliki pemahaman terkait pengelolaan portofolio, manajemen keuangan 1 dan 2, membaca laporan keuangan (ALK), memahami akuntansi pengantar. Kemudian, kemampuan matematika seperti, analisis modelling, proyeksi berdasakan data-data ekonomi, dan ekonometrika terapan.

Sebaiknya juga memiliki sertifikasi Chartered Financial Analyst (CFA), dan sebagainya. Karena dengan sertifikasi keahlian kita akan lebih dihargai dan dianggap memang benar memiliki keahlian tersebut.

Selain itu ada kemampuan soft skill seperti komunikasi, team work, spiritual leadership, komitmen, bahasa Inggris, digital minded, menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan akurat dengan dibantu aplikasi dan teknologi, serta kemampuan menjalankan software semacam Mathlab.

Peluang karier lulusan Akuntansi sangat dibutuhkan dan mempunyai peran penting bagi perusahaan besar ataupun kecil. Karena apapun jenis perusahaannya pasti membutuhkan seorang Akuntan untuk mengatur keuangan perusahaan.

Bagi kalian yang masih bingung menentukan jurusan, Akuntansi dapat menjadi pilihan untuk masuk ke dunia kampus. Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes menyelenggarakan juruan Akuntansi yang sudah terakreditasi B. Dengan biaya yang terjangkau dan dapat diangsur serta ada diskon 1 juta rupiah bagi kalian yang mendaftar sampai dengan 31 Mei 2022.

Artikel Lainnya

Hak Cipta Feboulus Tim 2023. All right reserve. Pemutakhiran terakhir Januari 2023