Masuk 300 Besar Peringkat Webometrics, UMUS Unggul Dibanding Kampus Se-Karsidenan Pekalongan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berita Kampus – Kabar menggembirakan di tahun 2023, UMUS kembali menorehkan prestasi dengan masuknya peringkat perguruan tinggi 300 besar se-Indonesia berdasarkan pemeringkatan pada webometrics.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas di dunia melalui website mereka. Webometrics menggunakan empat kriteria atau indikator untuk menilai kinerja perguruan tinggi yaitu presence, visibility, impact, openness dan excellence.

Adapun untuk masing-masing indikator tersebut terdapat bobot penilaian yang berbeda. Bobot 5% untuk presence atau metrik kehadiran dihitung untuk setiap halaman web perguruan tinggi yang terdaftar oleh mesin pencari; bobot 50% untuk visibility dihitung dengan menghitung semua tautan eksternal yang diterima domain situs web universitas dari pihak ketiga untuk dinilai kualitas konten.

Lalu indikator opennes atau keterbukaan memiliki bobot 10% yaitu jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan lain sebagainya yang online/open di bawah domain website perguruan tinggi yang tertangkap oleh mesin pencari; dan keunggulan atau excellence dengan bobot 35% yaitu jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terdaftar di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Baca juga: Perkuat Bidang Penelitian, Dosen FEB Ikuti Workshop Penyusunan Proposal Hibah

Pemeringkatan jenis ini dilakukan oleh kelompok penelitian Cybermetrics Lab dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol. Pemeringkatan tersebut telah dipublikasikan sejak tahun 2004, dan pemeringkatan Webometrics diterbitkan dua kali dalam setahun. Pemeringkatan Webometrics didasarkan pada penelitian berbasis web terhadap lebih dari 31.000 institusi pendidikan tinggi di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Cybermetrics Lab menekankan pada website resminya bahwa Webometrics Ranking bukanlah pemeringkatan pada website universitas, melainkan pemeringkatan universitas itu sendiri, biasanya menggunakan metrik yang berkaitan dengan webometrics (semua tugas) dan bibliometrics (tugas penelitian).

Sistem peringkat universitas ini dirancang untuk memberi insentif kepada institusi dan akademisi di setiap universitas untuk secara konsisten menyediakan situs web yang secara akurat mencerminkan aktivitasnya. Selain itu, Cybermetrics Lab berharap peringkat mereka akan berkontribusi secara signifikan pada transfer pengetahuan ilmiah dan budaya dari universitas ke orang-orang di seluruh dunia.

Baca juga: Strategi Menentukan Program Studi Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab tersebut, UMUS lebih unggul dibandingkan dengan perguruan tinggi yang ada di Karsidenan Pekalongan. Berikut ringkasan peringkat yang bersumber dari Webometrics:

No Peringkat Nasional Peringkat Dunia Perguruan Tinggi
1 383 11.549 Universitas Muhadi Setiabudi
2 568 14.966 Universitas Pancasakti Tegal
3 611 15.714 Politeknik Harapan Bersama Tegal
4 621 15.874 Universitas Pekalongan
5 679 16.762 Universitas Peradaban Bumiayu
6 742 17.601 Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
7 922 20.203 STMIK Widya Pratama Pekalongan
8 1562 26.367 Politeknik Pusmanu Pekalongan
9 1851 28.152 Akademi Analis Kesehatan Pekalongan
10 2204 29.743 ITS NU Pekalongan

Peringkat UMUS yang menduduki 383 secara nasional tidak menutup kemungkinan akan semakin meningkat dengan syarat kinerja seluruh dosen UMUS secara konsisten menghasilkan karya-karya yang dipublikasikan secara online baik dalam hal kuantitas maupun kualitas.

UMUS yang memiliki 5 fakultas dan 10 program studi yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Prodi Manajemen dan Akuntansi), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Prodi PGSD dan PBSI), Fakultas Sains dan Teknologi (Prodi Teknologi Pangan dan Agribisnis), Fakultas Ilmu Kesehatan (Prodi Ilmu Gizi dan Farmasi), dan Fakultas Teknik (Prodi Teknik Sipil dan Teknik Informatika) dengan sumber daya yang dimiliki diharapkan peringkat webometrics semakin lebih baik dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Artikel Lainnya

Hak Cipta Feboulus Tim 2023. All right reserve. Pemutakhiran terakhir Januari 2023