UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 

Kebijakan Dekan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Tahun 2018/2019

“Penguatan Eksistensi Fakultas dengan Mengutamakan Kualitas
Nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi”

I. Pendahuluan

Kebijakan yang disusun ini mengacu pada kewenangan dan tugas fakultas yakni melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu kebijakan ini, sebagai respon terhadap berbagai isu-isu kontemporer yang berkembang baik yang internal maupun isu-isu eksternal. Berbagai isu tersebut yaitu isu kontemporer internal terkait dengan komitmen dosen dan karyawan, rendahnya budaya akademik, terbatasnya anggaran yang tersedia, terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya kompetensi dan kualifikasi akademik dosen, kurangnya peran aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik dan kelembagaan. Sementara isu kontemporer eksternal yang dihadapi adalah rendahnya tenaga profesional yang kurang berkompeten dan sedikitnya wirausahawan yang terbentuk tidak sebanding dengan banyaknya sarjana ekonomi, persaingan antar fakultas ekonomi dan bisnis dalam skala nasional dan internasional, persaingan pasar yang semakin ketat ditunjukkan dengan semakin meningkatnya lulusan setiap tahun, sedangkan peluang kerja tetap stabil, biaya pendidikan semakin tinggi disisi lain daya beli masyarakat semakin menurun serta rendahnya animo masyarakat Brebes untuk kuliah di UMUS.

II. Kebijakan Umum Program

Berdasarkan hal-hal yang disebutkan di atas maka Dekan memandang perlu merumuskan kebijakan program yang menjadi perhatian. Adapun kebijakan program adalah berfokus pada 6 bidang sasaran program yakni : Pertama, Peningkatan Tata Kelola Yang Baik. Kedua, Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Pendidikan. Ketiga, Peningkatan dan Perluasan Penelitian. Keempat, Peningkatan Pengabdian masyarakat. Kelima, Peningkatan dan Pengembangan Kerjasama. Keenam, Peningkatan Kualitas Mahasiswa dan Peran Alumni. Berikut ini masing-masing sasaran program tersebut dijabarkan pada uraian berikut :

Pertama : Peningkatan Tata Kelola Yang Baik

Program ini adalah tuntutan dan prasyarat bagi FEB sebagai organisasi pengelola pendidikan untuk mengoptimalkan kiprahnya di masyarakat, sekaligus sebagai jaminan dan tangung jawab institusi kepada stakeholder dan masyarakat pada umumnya. Program ini, juga dimaksudkan untuk meningkatan pengelolaan sumber daya manusia. meningkatan kinerja unit akademik. Terciptanya peningkatan pengelolaan keuangan yang baik dan mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Adapun kegiatan program yang dapat dilakukan antara lain adalah :(1) Menginventarisasi dan memetakan potensi dosen dan tenaga kependidikan, (2) Menyelenggarakan latihan kepemimpinan dosen dan tenaga kependidikan, (3) Menguatkan komitmen ke-UMUS-an bagi dosen dan tenaga kependidikan, (4) Menguatkan dan merivitalisasi pusat studi untuk menunjang terwujudnya implimentsi tri darma perguruan tinggi, (5) Menumbuhkan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif dan humanistik dengan meningkatkan silaturrahmi dan melaksanakan pertemuan keluarga (family gathering) di antara dosen FEB Universitas Muhadi Setiabudi.

Kedua : Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Pendidikan

Program di bidang pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan unggulan yang memiliki kemampuan teoritik sekaligus memiliki kemampuan professional sehingga mampu menguasai pasar dan lapangan kerja baik skala nasional maupun skala internasional. Bidang ini terus menerus dikembangkan karena ini merupakan indikator penting bagi upaya menuju World Class University. Untuk tujuan ini maka selain melaksanakan kegiatan rutin yakni melaksanakan proses belajar mengajar perlu pula melaksanakan kegiatan yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar tersebut yakni : (1) Melakukan evaluasi kurikulum dengan memperhatikan kebutuhan stakeholder dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk juga perubahan dan pembaharuan metode pembelajaran dan mekanisme evaluasinya, (2) Perubahan ini dirasa perlu dalam rangka lebih memotivasi mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, (3) Peningkatan proses pembelajaran dengan menyediakan sarana prasarana yang memadai misalnya, kelengkapan dan keluasan perpustakaan, ruang kuliah yang nyaman, mudah mendapatkan informsi melalui website, (4) Perbaikan rasio dosen mahasiswa, (5) Meningkatkan taraf pendidikan dan kulaifikasi akademik dosen dan staf akademik sehingga selain mendukung proses belajar mengajaar sekaligus menjadi modal dan kekuatan mempertahankan posisi prodi dengan Akreditasi B dan akan terus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi (Akreditasi A), (6) Mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk meningkatkan kompetensinya baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian maupun kompetensi sosial, sehingga suasana pendidikan menjadi lebih hidup dan menghasilkan out put lulusan yang berdaya saing di dunia kerja, (7) Mengembangkan pembelajaran praktikum guna memperoleh lulusan yang tidak saja memiliki penguasaan teoritik ekonomi dan bisnis namun sekaligus juga memiliki ketrampilan dalam menerapkan ekonomi dan bisnis dalam praktek.

Ketiga : Peningkatan dan Perluasan Penelitian.

Sebagai lembaga ilmiah maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dituntut berperan aktif dan selalu mengambil bagian dalam kajian-kajian di bidang ekonomi dan bisnis baik pada dataran teoritik maupun dalam dataran praktis. Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan ekonomi dan bisnis serta menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai sentral kajian terhadap masalah-masalah ekonomi dan bisnis di masyarakat. Oleh karena itu pada bidang ini kegiatan yang dapat dilakukan adalah: (1) Mewajibkan para dosen dalam satu semester atau minimal dalam satu tahun melakukan sekali penelitian dengan anggaran internal maupun eksternal, (2) Mendorong dan mengupayakan agar para dosen memiliki akses untuk mendapatkan biaya sponsor penelitian, (3) Melakukan kajian-kajian ilmiah dalam bentuk seminar, lokakarya ataupun diskusi-diskusi baik dalam merespon permasalahan ekonomi dan bisnis yang muncul dalam masyarakat maupun dalam merespon perkembangan teori-teori ekonomi dan bisnis baik secara makro maupun mikro, (4) Mendorong para dosen berkarya dan dipublikasikan, baik jurnal ilmiah, maupun tulisan populer ilmiah di berbagai media regional maupun nasional, (5) Membentuk suatu forum dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai ajang tukar fikir dan dialog yang hasilnya menjadi bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil keputusan strategis maupun kebijakan dalam upaya pengembangan fakultas.

Keempat : Peningkatan Pengabdian masyarakat.

Program ini dimaksudkan untuk mendekatkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan lingkungan masyarakatnya, sekaligus memperlihatkan dan mewujudkan pengabdian dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan kesadaran yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis di masyarakat. Untuk itu kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan adalah : (1) Melaksanakan dan melibatkan dosen sebanyak-banyaknya dalam kegiatan penyuluhan ekonomi dan bisnis sehingga diharapkan selain meningkatkan kesadaran tentang ekonomi dan bisnis di masyarakat, juga menjadi ajang bagi dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian sebagai syarat kenaikan pangkat dan jabatan, (2) Membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan bisnis yang dihadapi, (3) Memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan ekonomi dan bisnis bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan bisnis yang dihadapi tanpa menggantungkan lagi pada orang lain, (4) Tidak menutup kemungkinan untuk menyusun konsep dan pelaksanaan KKN yang khas bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang dapat dirasakan langsung bagi masyarakat tanpa mengabaikan perataturan KKN sebagai kebijakan universitas, (5) Mengoptimalkan peranan pusat studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam merespon berbagai permasalahan ekonomi dan bisnis yang terjadi baik pada skala regional maupun nasional.

Kelima : Peningkatan dan Pengembangan Kerjasama.

Pengembangan kerjasama dengan berbagai mitra pada masa sekarang ini adalah sebuah keharusan. Program ini dalam rangka membuka dan memperluas jaringan menuju World Class University, tentu atas dasar saling menguntungkan. Jaringan ini tidak saja terbataas pada perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun di luar negeri tapi juga dengan lembaga-lembaga non pendidikan misalnya lembaga pemerintah dan non pemerintah termasuk juga lembaga-lembaga bisnis. Untuk mewujudkan program ini maka beberapa kegiatan yang dapat dilakukan yaitu : (1) Membuka kerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat melalui kegiatan kajian bersama dan pelaksanaan penyuluhan ekonomi dan bisnis guna meningkatkan pengetahuan tentang ekonomi dan bisnis di masyarakat, (2) Membuka jaringan dengan perusahaan-perusahaan lokal maupun nasional dalam rangka pemanfaatan lulusan maupun tenaga ahli di bidang ekonomi dan bisnis.

Keenam : Peningkatan Kualitas Mahasiswa dan Peran Alumni

Program ini bertujuan untuk meningkat kualitas mahasiswa baik di bidang bakat, minat maupun kulaitas akademik dan meningkatkan peran aktif alumni dalam pengembangan FEB UMUS. Untuk mencapai program ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
(1) Meningkatkan kegiatan ilmiah dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, (2) Meningkatkan fasilitas dan pengelolaan fasilitas lembaga kemahasiswaan, (3) Melakukan pendampingan dan pengawalan penyelenggaraan latihan kepemimpinan calon dan pengurus lembaga kemahasiswaan, (4) Meningkatan peran aktif alumni dalam berbagai forum tingkat lokal dan nasional, (5) Peningkatan kualitas dan kuantitas peranaktif alumni dan melakukan pendataan dan kerjasama alumni.

III. PENUTUP

Kebijakan ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dikembangkan lebih jauh oleh masing-masing unit yang ada. Keberhasilan kebijakan ini tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab dekan dan pengurus fakultas yang lain melainkan adalah sangat ditentukan komitmen dan kerja sama oleh seluruh komponen yang ada. Oleh karena itu dengan ridho Allah SWT serta komitmen dan kerja sama kita baik dosen, karyawan maupun lembaga kemahasiswaan kebijakan ini dapat dilaksanakan dan terwujud dengan sebaik-baiknya. Amin.

MATRIK PROGRAM RENCANA KERJA DAN ANGGARAN TAHUNAN 2019/2020
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI

NO PROGRAM KERJA AKTIVITAS INDIKATOR PELAKSANA SEMESTER GANJIL SEMESTER GENAP TARGET SUMBER DANA
8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 7 8 TARGET SUMBER DANA
BIDANGA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
1 Penentuan dan pertemuan DPA dengan mahasiswa baru Memfasilitasi Penyelenggaraan Ditetapkannya DPA, terselenggaranya pertemuan sesuai waktu yang direncanakan Prodi 100% FEB
2 Persiapan dan Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Mempersiapkan penyelenggaraan pengisian KRS mahasiswa Terlaksananya pengisian KRS sesuai dengan program mahasiswa secara tertib dan lancar Prodi 100% UMUS
Mempersiapkan materi rapat rencana tata kuliah yang ditawarkan, penyusunan beban SKS dosen serta pengusulan SK mengajar Terlaksananya PBM dengan tertib dan lancar Prodi 100% UMUS
Mempersiapkan dan melakukan penjaminan ketersediaan Ruang Kuliah beserta seluruh alat dan kelengkapannya Terlaksananya PBM dengan tertib dan lancar Prodi 100% UMUS
Mempersiapkan dan menggandakan kontrak pembelajaran (SAP dan/atau silabus) Tersedianya SAP/ silabus Prodi 100% UMUS
Penggandaan Daftar Hadir Dosen (Formulir Kesesuaian SAP) Presensi dapat berjalan sesuai dengan semestinya Prodi 100% UMUS
Penyusunan Manual Jadwal Kuliah dan Jadwal Ujian, termasuk Jadwal Praktikum Tersedianya jadwal dengan baik sehingga mahasiswa dapat memprogramkan mata kuliah secara maksimal Prodi 100% UMUS
Membantu menyelenggarakan Rapat Dosen Mengajar dan distribusi berkas PBM Tersedianya rapat dengan baik dan lancar Fakultas 100% UMUS
3 Laporan dan Evaluasi PBM Membuat rekapitulasi penyelenggaraan PBM, di akhir minggu II pada perkuliahan Tahap I dan Tahap II Tersedianya bahan laporan evaluasi PBM tepat dan akurat Prodi 100% UMUS
Membuat rekapitulasi kehadiran mahasiswa dan dosen beserta laporan substansi perkuliahan yang telah berjalan pada akhir perkuliahan Tahap II Tersedianya bahan laporan evaluasi PBM tepat dan akurat Prodi 100% UMUS
4 Rancangan dan Persiapan Ujian Semester (UTS dan UAS) Mempersiapkan ketersediaan ruang panitia ujian, sarana prasarana penunjangnya Siap digunakan 100% paling lambat H-1 sebelum ujian dilaksanakan BAAK 100% UMUS
Mempersiapkan ketersediaan ruang ujian, sarana prasarana penunjangnya Siap digunakan 100% paling lambat H-1 sebelum ujian dilaksanakan BAAK 100% UMUS
Pencetakan dan pembagian Kartu Ujian Tersedianya Kartu Ujian paling lambat 1 minggu sebelum ujian dilaksanakan Prodi 100% UMUS
Pencetakan daftar hadir ujian (presensi) Tersedianya Daftar Hadir paling lambat H-3 sebelum ujian dilaksanakan Prodi 100% UMUS
Pencetakan daftar hadir ujian (presensi) tempel di ruangan ujian Tersedianya Daftar Hadir paling lambat H-3 sebelum ujian dilaksanakan Prodi 100% UMUS
Pengiriman surat permohonan naskah soal ujian Surat sudah terkirim kepada dosen pengampu paling lambat 2 minggu sebelum ujian dilaksanakan Prodi 100% UMUS
Menyiapkan dan mengadakan sarana prasarana ujian (ATK, Formulir, dan sebagainya Siap digunakan 100% paling lambat 1 minggu sebelum ujian dilaksanakan Prodi 100% UMUS
5 Penyelenggaraan Ujian Semester (UTS dan UAS) Penyelenggaraan, pengawasan, dan evaluasi selama ujian berlangsung Terselenggaranya ujian dengan tertib dan lancar Prodi & BAAK 100% UMUS
6 Prosesing Hasil (Nilai) Ujian Menerima, mengumumkan, dan mendokumentasikan Nilai Hasil UTS Terdokumentasinya Nilai Hasil UTS Prodi 100% UMUS
Menerima dan memproses ke dalam sistem komputer Nilai Akhir (UAS) Terdokumentasinya Nilai Hasil UAS BAAK 100% UMUS
7 Persiapan, Penyelenggaraan, dan Penyebaran Kuesioner Kinerja Dosen Menyiapkan, dan menyelenggarakan pengadaan kuesioner kinerja dosen Terselenggaranya pengadaan kuesioner kinerja dosen Prodi 100% UMUS
Menyebarkan kuesioner kinerja dosen pengampu masing-masing mata kuliah setiap angkatan di akhir pertemuan ke-13 Terselenggaranya penyebaran kuesioner kinerja dosen pengampu masing-masing mata kuliah setiap angkatan di akhir pertemuan ke-13 Prodi 100% UMUS
Menginput, mengolah data kuesioner dan menilai kinerja dosen pengampu masing-masing mata kuliah Terselenggaranya penginputan dan pengolahan data dan hasil penilaian kinerja dosen masing-masing mata kuliah Prodi 100% UMUS
8 Menyelenggarakan kegiatan Pra-Skripsi Menyelenggarakan dan melakukan pelayanan proses pengajuan judul Skripsi Terselenggaranya pengajuan judul skripsi sesuai waktu yang ditentukan Prodi 100% FEB
Menetapkan dosen pembimbing dan penguji skripsi Ditetapkannya dosen pembimbing dan penguji skripsi Prodi 100% FEB
Menyelenggarakan seminar proposal skripsi Terselenggaranya seminar proposal skripsi Prodi 80% FEB
9 Persiapan, Penyelenggaraan, dan Hasil Ujian Komprehensif Menyelenggarakan dan melakukan pelayanan proses ujian Komprehensif Terselenggaranya pengajuan ujian komprehensif sesuai waktu yang ditentukan Prodi 80% FEB
Menetapkan dosen penguji komprehensif Ditetapkannya dosen penguji komprehensif Prodi 80% FEB
Menyelenggarakan ujian komprehensif Terselenggaranya ujian komprehensif Prodi 80% FEB
10 Persiapan, Penyelenggaraan, dan Hasil Ujian Skripsi Melakukan proses pengajuan tutup teori ke dalam sistem komputer Terciptanya data yang tepat dan akurat sesuai waktu yang ditetapkan BAAK 80% FEB
Merancang dan merancanakan kegiatan ujian skripsi Pengumuman kegiatan akademik sesuai dengan waktu yang ditetapkan Prodi 100% FEB
Menyelenggarakan ujian skripsi Terselenggaranya ujian skripsi Prodi 80% FEB
Menyelenggarakan Laporan Hasil Ujian Skripsi dan Wisuda Eksekusi lulusan tepat pada waktunya Prodi 100% UMUS
Penyediaan Surat Keterangan Lulus Surat Keterangan Lulus siap paling lambat 1×24 jam Fakultas 100% UMUS
Prosesing dan Pencetakan Ijasah dan Transkrip Lulusan Telah siap 100% paling lambat 3 hari sebelum dibagikan Fakultas 100% UMUS
BIDANG PENELITIAN
11 Peningkatan publikasi ilmiah dosen pada jurnal dan forum ilmiah yang bereputasi Memfasilitasi dosen untuk mempresentasikan dan meriview hasil karya ilmiah di forum dosen internal Terselenggaranya kegiatan presentasi dan mereview hasil karya ilmiah sebanyak minimal 3 judul di forum dosen internal Prodi 3 LPPM
Memfasilitasi dosen untuk mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal dan forum ilmiah yang bereputasi Terselenggaranya kegiatan presentasi dan mereview hasil karya ilmiah sebanyak minimal 3 judul pada jurnal dan forum ilmiah yang bereputasi Prodi 3 DOSEN
BIDANG PENGABDIAN MASYARAKAT
12 Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa Sebagai Bagian dari Pretasi/Kegiatan Akademik Memfasilitasi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN Terselenggaranya kegitan KKN dengan tertib dan lancar LPPM dan Prodi 100% LPPM
Memfasilitasi dosen dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat Terselenggaranya kegiatan pengabdian pada masyarakat minimal satu kali kegiatan dalam setahun oleh setiap dosen LPPM dan Prodi 5 DOSEN
Memfasilitasi dan mendampingi dosen dan atau mahasiswa dalam kegiatan pendampingan terhadap lembaga binaan (sekolah, desa atau kelompok usaha tertentu) Terselenggaranya kegiatan pendampingan terhadap lembaga binaan (sekolah, desa, atau kelompok usaha tertentu) Prodi 5 FEB
BIDANG KERJASAMA DAN PROMOSI BIDANG KERJASAMA DAN PROMOSI
13 Memperluas jaringan kerjasama Membangun jaringan kerjasama baru Adanya 10 jaringan kerjasama dalam 1 tahun Fakultas 10 UMUS
14 Memperluas program sosialisasi Mensosialisasikan keberadaan prodi ke sekolah di Brebes, Tegal, dan sekitarnya Terlaksananya kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah Fakultas 15 UMUS
Menyebar dan atau memasang brosur dan atau poster serta spanduk di tempat strategis Terlaksananya kegiatan penyebaran dan atau pemasangan alat-alat promosi Fakultas 10 UMUS
15 Optimalisasi Promosi Via Media Internet Mengaktifkan kembali dan mengembangkan media website fakultas Terpublikasinya artikel di website minimal satu artikel seminggu Fakultas 48 FEB
Mempostingkan kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik via media sosial Terpostingnya kegiatan-kegiatan di media sosial Prodi 50 FEB
BIDANG KEMAHASISWAAN
16 Peningkatan tata kelola lembaga mahasiswa Memfasilitasi workshop pengembangan tata kelola lembaga mahasiswa Terselenggaranya satu kegiatan workshop masing-masing prodi dalam setahun Prodi 2 FEB
Memfasilitasi seminar regional/ nasional pengembangan tata kelola lembaga mahasiswa Terselenggaranya satu kegiatan seminar regional/ nasional masing-masing prodi dalam setahun Prodi 2 FEB
Memfasilitasi sarana dan prasarana lembaga mahasiswa Pengadaan sarana sesuai kebutuhan Fakultas 100% UMUS
17 Meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang akademik Melakukan pendampingan kegiatan akademik Terbentuknya kelompok studi mahasiswa di masing-masing prodi Prodi 1 FEB
18 Meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang minat bakat Memfasilitasi kegiatan minat dan bakat mahasiswa Disetujuinya satu proposal kelompok minat dan bakat mahasiswa dalam setahun Prodi 1 UMUS
Memfasilitasi penulisan karya ilmiah Minimal 1 karya ilmiah masing-masing prodi dalam setahun Prodi 2 DOSEN
Memfasilitasi pelaksanaan pelatihan kompetensi mahasiswa Terselenggaranya satu kegiatan pelatihan kompetensi mahasiswa masing-masing prodi Prodi 2 DOSEN
BIDANG ALUMNI BI
19 Mengefektifkan pendataan alumni Melakukan pendataan Tersedianya database Fakultas 100% FEB
Melakukan tracer studi Tersedianya dokumen tracer studi semua lulusan Fakultas 100% FEB
Membentuk lembaga pengelolaan alumni Adanya lembaga pengelolaan alumni Fakultas 100% FEB
20 Mengefektifkan jaringan alumni Menjalin komunikasi dengan alumni Adanya temu alumni minimal sekali dalam setahun Fakultas 1 FEB