UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 

Kebijakan Dekan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Tahun 2018/2019

“Penguatan Eksistensi Fakultas dengan Mengutamakan Kualitas
Nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi”

I. Pendahuluan

Kebijakan yang disusun ini mengacu pada kewenangan dan tugas fakultas yakni melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu kebijakan ini, sebagai respon terhadap berbagai isu-isu kontemporer yang berkembang baik yang internal maupun isu-isu eksternal. Berbagai isu tersebut yaitu isu kontemporer internal terkait dengan komitmen dosen dan karyawan, rendahnya budaya akademik, terbatasnya anggaran yang tersedia, terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya kompetensi dan kualifikasi akademik dosen, kurangnya peran aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik dan kelembagaan. Sementara isu kontemporer eksternal yang dihadapi adalah rendahnya tenaga profesional yang kurang berkompeten dan sedikitnya wirausahawan yang terbentuk tidak sebanding dengan banyaknya sarjana ekonomi, persaingan antar fakultas ekonomi dan bisnis dalam skala nasional dan internasional, persaingan pasar yang semakin ketat ditunjukkan dengan semakin meningkatnya lulusan setiap tahun, sedangkan peluang kerja tetap stabil, biaya pendidikan semakin tinggi disisi lain daya beli masyarakat semakin menurun serta rendahnya animo masyarakat Brebes untuk kuliah di UMUS.

II. Kebijakan Umum Program

Berdasarkan hal-hal yang disebutkan di atas maka Dekan memandang perlu merumuskan kebijakan program yang menjadi perhatian. Adapun kebijakan program adalah berfokus pada 6 bidang sasaran program yakni : Pertama, Peningkatan Tata Kelola Yang Baik. Kedua, Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Pendidikan. Ketiga, Peningkatan dan Perluasan Penelitian. Keempat, Peningkatan Pengabdian masyarakat. Kelima, Peningkatan dan Pengembangan Kerjasama. Keenam, Peningkatan Kualitas Mahasiswa dan Peran Alumni. Berikut ini masing-masing sasaran program tersebut dijabarkan pada uraian berikut :

Pertama : Peningkatan Tata Kelola Yang Baik

Program ini adalah tuntutan dan prasyarat bagi FEB sebagai organisasi pengelola pendidikan untuk mengoptimalkan kiprahnya di masyarakat, sekaligus sebagai jaminan dan tangung jawab institusi kepada stakeholder dan masyarakat pada umumnya. Program ini, juga dimaksudkan untuk meningkatan pengelolaan sumber daya manusia. meningkatan kinerja unit akademik. Terciptanya peningkatan pengelolaan keuangan yang baik dan mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Adapun kegiatan program yang dapat dilakukan antara lain adalah :(1) Menginventarisasi dan memetakan potensi dosen dan tenaga kependidikan, (2) Menyelenggarakan latihan kepemimpinan dosen dan tenaga kependidikan, (3) Menguatkan komitmen ke-UMUS-an bagi dosen dan tenaga kependidikan, (4) Menguatkan dan merivitalisasi pusat studi untuk menunjang terwujudnya implimentsi tri darma perguruan tinggi, (5) Menumbuhkan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif dan humanistik dengan meningkatkan silaturrahmi dan melaksanakan pertemuan keluarga (family gathering) di antara dosen FEB Universitas Muhadi Setiabudi.

Kedua : Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Pendidikan

Program di bidang pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan unggulan yang memiliki kemampuan teoritik sekaligus memiliki kemampuan professional sehingga mampu menguasai pasar dan lapangan kerja baik skala nasional maupun skala internasional. Bidang ini terus menerus dikembangkan karena ini merupakan indikator penting bagi upaya menuju World Class University. Untuk tujuan ini maka selain melaksanakan kegiatan rutin yakni melaksanakan proses belajar mengajar perlu pula melaksanakan kegiatan yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar tersebut yakni : (1) Melakukan evaluasi kurikulum dengan memperhatikan kebutuhan stakeholder dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk juga perubahan dan pembaharuan metode pembelajaran dan mekanisme evaluasinya, (2) Perubahan ini dirasa perlu dalam rangka lebih memotivasi mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, (3) Peningkatan proses pembelajaran dengan menyediakan sarana prasarana yang memadai misalnya, kelengkapan dan keluasan perpustakaan, ruang kuliah yang nyaman, mudah mendapatkan informsi melalui website, (4) Perbaikan rasio dosen mahasiswa, (5) Meningkatkan taraf pendidikan dan kulaifikasi akademik dosen dan staf akademik sehingga selain mendukung proses belajar mengajaar sekaligus menjadi modal dan kekuatan mempertahankan posisi prodi dengan Akreditasi B dan akan terus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi (Akreditasi A), (6) Mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk meningkatkan kompetensinya baik kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian maupun kompetensi sosial, sehingga suasana pendidikan menjadi lebih hidup dan menghasilkan out put lulusan yang berdaya saing di dunia kerja, (7) Mengembangkan pembelajaran praktikum guna memperoleh lulusan yang tidak saja memiliki penguasaan teoritik ekonomi dan bisnis namun sekaligus juga memiliki ketrampilan dalam menerapkan ekonomi dan bisnis dalam praktek.

Ketiga : Peningkatan dan Perluasan Penelitian.

Sebagai lembaga ilmiah maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dituntut berperan aktif dan selalu mengambil bagian dalam kajian-kajian di bidang ekonomi dan bisnis baik pada dataran teoritik maupun dalam dataran praktis. Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan ekonomi dan bisnis serta menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai sentral kajian terhadap masalah-masalah ekonomi dan bisnis di masyarakat. Oleh karena itu pada bidang ini kegiatan yang dapat dilakukan adalah: (1) Mewajibkan para dosen dalam satu semester atau minimal dalam satu tahun melakukan sekali penelitian dengan anggaran internal maupun eksternal, (2) Mendorong dan mengupayakan agar para dosen memiliki akses untuk mendapatkan biaya sponsor penelitian, (3) Melakukan kajian-kajian ilmiah dalam bentuk seminar, lokakarya ataupun diskusi-diskusi baik dalam merespon permasalahan ekonomi dan bisnis yang muncul dalam masyarakat maupun dalam merespon perkembangan teori-teori ekonomi dan bisnis baik secara makro maupun mikro, (4) Mendorong para dosen berkarya dan dipublikasikan, baik jurnal ilmiah, maupun tulisan populer ilmiah di berbagai media regional maupun nasional, (5) Membentuk suatu forum dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai ajang tukar fikir dan dialog yang hasilnya menjadi bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil keputusan strategis maupun kebijakan dalam upaya pengembangan fakultas.

Keempat : Peningkatan Pengabdian masyarakat.

Program ini dimaksudkan untuk mendekatkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan lingkungan masyarakatnya, sekaligus memperlihatkan dan mewujudkan pengabdian dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuhkan kesadaran yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis di masyarakat. Untuk itu kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan adalah : (1) Melaksanakan dan melibatkan dosen sebanyak-banyaknya dalam kegiatan penyuluhan ekonomi dan bisnis sehingga diharapkan selain meningkatkan kesadaran tentang ekonomi dan bisnis di masyarakat, juga menjadi ajang bagi dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian sebagai syarat kenaikan pangkat dan jabatan, (2) Membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan bisnis yang dihadapi, (3) Memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan ekonomi dan bisnis bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dan bisnis yang dihadapi tanpa menggantungkan lagi pada orang lain, (4) Tidak menutup kemungkinan untuk menyusun konsep dan pelaksanaan KKN yang khas bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang dapat dirasakan langsung bagi masyarakat tanpa mengabaikan perataturan KKN sebagai kebijakan universitas, (5) Mengoptimalkan peranan pusat studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam merespon berbagai permasalahan ekonomi dan bisnis yang terjadi baik pada skala regional maupun nasional.

Kelima : Peningkatan dan Pengembangan Kerjasama.

Pengembangan kerjasama dengan berbagai mitra pada masa sekarang ini adalah sebuah keharusan. Program ini dalam rangka membuka dan memperluas jaringan menuju World Class University, tentu atas dasar saling menguntungkan. Jaringan ini tidak saja terbataas pada perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun di luar negeri tapi juga dengan lembaga-lembaga non pendidikan misalnya lembaga pemerintah dan non pemerintah termasuk juga lembaga-lembaga bisnis. Untuk mewujudkan program ini maka beberapa kegiatan yang dapat dilakukan yaitu : (1) Membuka kerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat melalui kegiatan kajian bersama dan pelaksanaan penyuluhan ekonomi dan bisnis guna meningkatkan pengetahuan tentang ekonomi dan bisnis di masyarakat, (2) Membuka jaringan dengan perusahaan-perusahaan lokal maupun nasional dalam rangka pemanfaatan lulusan maupun tenaga ahli di bidang ekonomi dan bisnis.

Keenam : Peningkatan Kualitas Mahasiswa dan Peran Alumni

Program ini bertujuan untuk meningkat kualitas mahasiswa baik di bidang bakat, minat maupun kulaitas akademik dan meningkatkan peran aktif alumni dalam pengembangan FEB UMUS. Untuk mencapai program ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
(1) Meningkatkan kegiatan ilmiah dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, (2) Meningkatkan fasilitas dan pengelolaan fasilitas lembaga kemahasiswaan, (3) Melakukan pendampingan dan pengawalan penyelenggaraan latihan kepemimpinan calon dan pengurus lembaga kemahasiswaan, (4) Meningkatan peran aktif alumni dalam berbagai forum tingkat lokal dan nasional, (5) Peningkatan kualitas dan kuantitas peranaktif alumni dan melakukan pendataan dan kerjasama alumni.

III. PENUTUP

Kebijakan ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dikembangkan lebih jauh oleh masing-masing unit yang ada. Keberhasilan kebijakan ini tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab dekan dan pengurus fakultas yang lain melainkan adalah sangat ditentukan komitmen dan kerja sama oleh seluruh komponen yang ada. Oleh karena itu dengan ridho Allah SWT serta komitmen dan kerja sama kita baik dosen, karyawan maupun lembaga kemahasiswaan kebijakan ini dapat dilaksanakan dan terwujud dengan sebaik-baiknya. Amin.

MATRIK PROGRAM RENCANA KERJA DAN ANGGARAN TAHUNAN 2019/2020
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI