PEMDA BREBES DAN UMUS TANDA-TANGANI KERJASAMA

Bupati Idza Priyanti menandatangani naskah kerjasama disaksikan oleh Rektor dan Wakil Rektor 1 UMUS Brebes

Brebes – Rabu, 8 Agustus 2018 bertempat di Pendopo Kabupaten Brebes, Pemerintah Kabupaten (Pemda)┬áBrebes dan Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Penandatangan dilakukan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, S.E., M.H dengan Rektor UMUS Dr. Roby Setiadi, S.Kom., M.M.

Dalam sambutannya Bupati Brebes menyampaikan “Kerjasama antara Pemda Brebes dengan UMUS ini sangat penting terutama dalam hal meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan ujungnya pada kesejahteraan masyarakat Brebes.”

Dengan adanya UMUS di Brebes sebagai institusi pendidikan diharapkan menjadi agen perubahan sekaligus sebagai mitra Pemda. Bupati Idza Priyanti mencontohkan “Pemda Brebes mengharapkan kepada UMUS untuk meneliti apakah adanya retribusi pasar bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Brebes” imbuhnya.

Dalam hal pendidikan, Pemda Brebes telah menyediakan beasiswa Bidikmisi yang diperuntukkan bagi masyarakat asli Brebes untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan diharapkan bisa masuk ke kampus UMUS.

Tri Dharma PT merupakan tugas mulia dari akademisi yang meliputi kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kaitannya dengan pengabdian kepada masyarakat, UMUS menerjunkan mahasiswanya dalam progam KKN (Kuliah Kerja Nyata) di wilayah Kabupaten Brebes. Kegiatan KKN sangat membantu masyarakat di Brebes untuk menangani berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya MoU ini semakin memperkuat kegiatan pengabdian masyarakat UMUS di Brebes.

Pada kesempatan yang sama Rektor UMUS, Dr. Robby Setiadi, S.Kom., M.M., menyampaikan sambutannya bahwa kerjasama dengan Pemda Brebes sangat berarti bagi UMUS. “Peran UMUS untuk masyarakat Brebes mudah-mudahan bisa lebih bermanfaat lagi” sambutnya. “Terutama dalam meningkatkan IPM (red-Indeks Pembangunan Manusia), diupayakan pendidikan dan perekonomian masyarakat Brebes bisa lebih baik lagi” tambahnya.

Acara penandatangan kerjasama ini dihadiri seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Brebes dan pejabat struktural dari UMUS yang terdiri dari Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 3, Dekan, dan Kepala Lembaga.